Kecamatan Tualan Hulu Gelar Bintek Pemutakhiran Data dan Input ke Aplikasi IDM di Cempaka Putih

  • Admin Desa Damar Makmur
  • May 15, 2023

Desa Cempaka Putih,15 Mei 2023|| Pihak Kecamatan Menyelenggarakan Kegiatan Pemutakhiran dan Pengimputan Data Ke Aplikasi  IDM yang di hadiri Seluruh desa Se-Kecamatan Tualan Hulu, Pendamping Desa dan Dinas PMDKotim.

Seharusnya kegiatan tersebut terselenggara di Kecamatan Tualan Hulu akan tetapi Jaringan yang kurang mendukung dalam Penginputan Data ke Aplikasi IDM sehingga dipindahkan ke Desa Cempaka Putih yang bisa dianggap memiliki Jaringannya Setabil di Wilayah Kecamatan dan memiliki akses jalan yang baik.

“Terimakasi Kepada pemdes atas semangat dan antusiasnya dalam Program  Pemutakhiran Data dan Penginputan Data ke APlikasi IDM. Semoga dengan diberi dasar Penginputan sekaligus Contoh disini memudahkan bagi desa dalam melakukan Penginputan data ke APlikasi IDM “ Ujar camat Tualan Hulu Bapak Admadi Sastra.

Atas kerja keras dari pihak penyelenggara, Pendamping Desa dan semangat dari Rekan-rekan Pemerintah Desa di Kecamatan Tuaan Hulu. Sehingga ada beberapa Desa yang telah berhasil menginput ke Aplikasi IDM. Harapanya bagi desa yang belum selesai dalam penginputan data ke Aplikasi IDM, dalam minggu ini telah dapat dirampungkan.

Program ini merupakan program yang sangat penting bagi desa, dengan tercapainya penginputan data IDM Desa maka desa akan mengetahui setatus desa sudah pada tahapan mana; tertinggal kah, berkembang atau justru sudah menjadi desa Mandiri. Sehingga pemdes dapat tambah semangat dalam menjalankan program-program yang ada di desa dan mencetuskan ide ide baru agar dapat beranjak ke tahap desa selanjutnya.

Mengapa demikian, karena banyak sekali keuntungan yang di dapatkan apa bila desa sudah mencapai setatus Desa Mandiri, salah santunya penyaluran Dana Desa yang akan menjadi 2 Tahapan saja, 60% dan 40%  yang akan mempersingkat pembangunan dan penyelesaian program program yang ada di desa.

Program IDM ini juga sangat membantu desa dalam menetukan strategi selanjutnya, karena Pemdes mendapatkan informasi-informasi apa saja yang dibutuhkan dalam mengembangkan dan memanfaatkan sumberdaya di Desa.

 “Program  ini sangat dibutuhkan dalam pengembangan Masyarakat Khususnya disekitar Wilayah Tualan Hulu. karena ada Sembilan yang merupakan Program Nasional dimana Item-itemnya menyentuh kepada masyarakat. Harapan saya Penginputan data ini menjadi kebijakan selanjutnya supaya kecamatan Tualan Hulu dapat berbenah di dalam menyelaraskan data-data agar lebih Validitas dan lebih mewakili Wilayah-wilayahnya. Dan dengan adanya program ini dapat meningkatkan Status desa di Kecamatan Tualan Hulu dari Berkembang menuju Desa Mandiri” Imbuh Pak Camat diakhir Acara.

Desa Damar Makmur #Handep Hapakat#